artikel

Sabtu, 25 Agustus 2012

USAMAH BIN ZAID


USAMAH BIN ZAID
Belau adalah salah satu pemuda yang sudah mengukir masa mudanya dengan tinta emas di dalam sejarah islam. Diusia 20 tahun beliau sudah bisa mengalahkan romawi, salah satu kekuatan terbesar di dunia selain persia. Rasulullah perna bersabda, “sungguh, usamah bin zaid adalah manusia yangpaling ku sayangi, dan aku beharap kiranya ia akan termasuk orang-orang shalih di antara kalian.”  

PUTRA UMMU AIMAN
Ummu aiman adalah pengasuh rasul disaat kecil. Ummu aiman pula yang menemani muhammad kecil ketika ditinggal wafat bundanya Aminah. Kelak ummu aiman menikah dengan Zaid bin haritsah dan melahirkan Usamah bin zaid, ummu aiman dan zaid adalah bekas budak, jadi masyarakat jahiliyah pasti akan memandang hina usamah bin zaid. Untung islam datang. Islam tidak memandang keturunan, kekayaan dan rupa.

DIDAMPINGI DUA MANTAN BUDAK
Ketika rasulullah saw dan para sahabat menaknukan makkah, beliau didampingi oleh dua orang luar biasa : Usamah bin zaid dan bilal bin rabbah. Kedua orang tua usamah adalah mantan budak, sedangkan bilal juga bekas budak. Orang jahiliyah yang tak mengerti kemuliaan islam pasti terkejut melihatnya. Allah berfirman, “sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah , ialah yang paling bertaqwa”

PANGLIMA PERANG
Sebelum masuk usia 20 tahun Rasulullah menunjuk Usamah bin zaid untuk memimpin perang melawan romawi. Ketika itu rasulullah mengutus zaid untuk berangkat ke peperangan.  ketika rasulullah wafat, ada para sahabat yangmengusulkan untuk dibatalkan. Tetapi, khlifah melarangnya. Saat itu abu bakr diangkat menjadi khalifah menggantikan rasulullah. Usamah pun berangkat menuju medan jihad. Heraclius kaisar romawi sengaja mengirim psukan karena mengira umat islam telah melemah.  Namun alangkah terkejutnya orang-orang romawi ketika menjumpai bahwa pasukan yang dipimpin usamah tetap mampu bertarung dengan gagah berani dan mengalahi psukan romawi.  Kaum muslimin pun kagum, “tidak perna kita lihat, pasukam yang lebih aman dari pasukan usamah.”
itulah usamah bin zaid diusia yang belum mencapai 20 tahun telah membuktikan bahwa diusia seperti itu bisa menaklukan romawi yang merupakan kekuatan terbesar di dunia setalah persia.

BAGAIMANA DENGAN ANDA?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar